Berniat merenovasi lantai garasi mobil? Pengaplikasian cat epoxy bisa direkomendasikan. Pasalnya, cat epoxy merupakan pengeras lantai yang sangat efektif untuk mengawetkan permukaan beton seperti lantai garasi, sekaligus melindunginya dari benturan keras.

Sebagai informasi saja, epoxy lantai terbuat dari campuran bahan berupa resin epoxyda, pengeras poliamina serta beberapa tambahan zat aditif lainnya. Perpaduan semua bahan tersebut dipercaya dapat membuat lantai memiliki daya tahan kuat.

Pentingnya Lantai Garasi Mobil yang Kuat dan Tahan Lama

Epoxy Coating FlooringSebagai tempat penyimpanan kendaraan, garasi diharuskan punya kekuatan yang ideal. Setiap harinya, lantai garasi harus ditimpa oleh kendaraan seperti mobil atau motor. Jelas saja, apabila tidak dirawat, besar kemungkinan akan cepat rusak.

Belum lagi, lantai garasi juga sering terkena tetesan oli atau bahan kimia lainnya. Jika Anda masih menggunakan lantai beton atau keramik biasa, rembesan bahan kimia dari oli bisa menimbulkan keretakan.

Retak pada lantai garasi mungkin awalnya tidak terlalu berpengaruh. Namun, apabila Anda terus membiarkannya, retakan tersebut justru bisa semakin membesar bahkan lantai pecah. Bukan hanya dapat membahayakan, retakan lantai pun sangat mengganggu estetika.

Satu-satunya solusi adalah dengan mengaplikasikan cat epoxy lantai garasi mobil. Pasalnya kandungan resin polimer, bahan pengeras, serta sejumlah zat aditif lainnya pada cat epoxy dipercaya mampu melapisi permukaan lantai garasi menjadi lebih kuat.

Selain itu, Anda pasti tidak mau bukan sering-sering melakukan renovasi garasi mobil? Menariknya, pengaplikasian cat epoxy pada lantai garansi juga bisa membuatnya makin tahan lama. Anda hanya perlu mengaplikasikan cat epoxy sekali untuk bertahun-tahun.

Baca Juga : Mengapa Cat Coating Lantai Diperlukan untuk Perlindungan yang Lebih Baik?

Alasan Mengapa Cat Epoxy adalah Pilihan Tepat untuk Lantai Garasi Mobil

Jasa Epoxy Lantai BatangSetelah mengetahui penjelasan sebelumnya, bisa jadi Anda bertanya-tanya memang mengapa cat epoxy dikatakan rekomendasi paling tepat untuk lantai garasi mobil. Faktanya, ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut yaitu:

1. Tahan Lama dan Kuat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cat epoxy memang terbukti dapat membuat garasi mobil lebih tahan lama dan kuat. Ketahanan yang dimaksud seperti tahan terhadap beban berat.

Selain mobil, biasanya orang menyimpan kendaraan lain seperti sepeda dan sejumlah alat berat lainnya bukan? Lantai epoxy akan membuatnya awet walaupun sering ditimpa beban-beban berat tersebut.

Lantai garasi mobil yang dilapisi epoxy juga disebut kuat terhadap aborsi (abrasi yang disebabkan oleh pergerakan kendaraan di atasnya). Bahkan, epoxy juga membuat lantai garasi kuat terhadap perubahan cuaca sehingga membuatnya awet dan tahan lama.

2. Tahan Kimia

Garasi mobil juga sangat rentan terkena bahan-bahan kimia termasuk oli, cairan pembersih, bahan bakar, dan lain sebagainya. Semuanya berpotensi merusak lantai jika Anda masih menggunakan lantai beton atau keramik biasa.

Dengan dilapisi oleh cat epoxy, lantai garasi lebih awet karena tahan bahan kimia. Walaupun kena tumpahan bahan kimia, lantai epoxy tidak akan mudah rusak. Pasalnya, selain anti kimia epoxy juga punya sifat anti air sehingga membuat lantai cepat kering.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Epoxy Coating Basement

3. Mudah Dibersihkan

Lantai garasi mobil yang diberikan cat epoxy juga dikenal sangat mudah dibersihkan. Hal ini karena struktur epoxy lantai garasi sangat halus dan rata menjadikannya mudah disapu atau divacuum.

Bahkan, kotoran pada lantai garasi seperti oli dan lain-lain tidak akan mudah menempel karena cat epoxy punya sifat tidak menyerap. Anda hanya perlu mengepel lantai garasi dengan pembersih lantai biasa untuk membuatnya bersih kembali.

4. Estetika

Ada yang ingin membuat lantai garasi mobil menjadi makin cantik? Mengaplikasikan cat epoxy pada lantai garasi adalah rekomendasi paling tepat. Hal ini disebabkan karena cat epoxy menyediakan berbagai pilihan warna dan pola. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Cat epoxy juga dapat memberikan tampilan glossy pada lantai garasi mobil Anda. Membuatnya tampak berkilau, bersih, dan luas. Satu lagi, ruangan garasi mobil sebaiknya didesain cukup cahaya. Cat epoxy memiliki kemampuan reflektif, sehingga garasi nampak terang.

5. Anti Slip

Jika Anda mau, biasanya jasa epoxy lantai garasi akan memberikan bahan tambahan agregat kasar sebagai campuran cat. Bahan ini dapat memberikan daya cengkram yang kuat untuk mencegah resiko tergelincir.

Selain itu, ada juga bahan tambahan lainnya seperti top coat atau sealer dan butiran antiskid. Semua bahan tersebut membuat lantai garasi mobil yang di epoxy memiliki sifat anti slip sehingga meningkatkan keamanan pengguna.

6. Minim Perawatan

Alasan lain mengapa epoxy sangat disarankan untuk lantai garasi mobil Anda adalah karena begitu minim perawatan. Pasalnya, cat epoxy dikenal anti noda, membuat segala kotoran yang menempel pada lantai garasi sangat mudah dibersihkan.

Anda hanya perlu menyapu, membersihkan pakai vacuum, atau pel dengan cairan pembersih lantai biasa.

Baca Juga : Solusi Pelapis Workshop Floor Coating yang Ramah Lingkungan dan Hemat Biaya

7. Investasi Jangka Panjang

Memiliki garasi dengan lantai yang sudah diberikan cat epoxy bisa dikatakan merupakan bentuk investasi jangka panjang. Pasalnya, selain lebih tahan lama dan memberikan perlindungan terhadap lantai, epoxy juga meningkatkan nilai properti.

Bayangkan jika garasi rumah Anda terlihat cantik dan menarik. Hal ini jelas bisa meningkatkan nilai rumah Anda jika ingin menjualnya.

Dari semua alasan tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengaplikasikan cat epoxy pada garasi mobil. Lagipula ada banyak kelebihan yang diberikan, dari mulai membuat lantai garasi awet dan kuat, memberikan keamanan karena bersifat anti slip dan bahan kimia, mudah dibersihkan hingga minim perawatan.

Bahkan, lantai garasi yang telah diepoxy dapat menjadi investasi jangka panjang bagi Anda, karena meningkatkan nilai properti. Bagaimana? Apakah sudah cukup tertarik untuk mencobanya?

Jika berminat, Anda bisa mempercayakan jasa epoxy lantai garasi mobil pada Rinjani Warna Karya. Anda boleh konsultasi dulu secara gratis melalui tombol website yang tersedia. Segera hubungi kami untuk hasil epoxy lantai garasi paling berkualitas.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp