Epoxy berperan sebagai lapisan pelindung permukaan yang memiliki sifat mekanis sangat baik dalam hal performa maupun tampilannya. Untuk hasil yang baik, permukaan lantai akan memiliki tekstur yang halus sehingga dalam memeliharanya pun Anda tidak akan kesulitan. Permukaan yang halus menjadikan  lantai mudah dibersihkan dan meminimalisir risiko menempelnya debu dan kotoran.

Selain permukaannya yang terasa halus, karakteristik hasil epoxy yang baik bisa ditinjau dari tampilan keseluruhannya. Hasil pengecatan epoxy yang baik akan tampak mengkilap dan memberikan kesan mewah sehingga terlihat menarik untuk dilihat. Dibandingkan pengecatan menggunakan cat, hasil epoxy ini tampak lebih menawan karena mampu memantulkan cahaya dengan cukup baik.

Proses reaktif antara resin dengan hardener mampu menciptakan cross-linking kimia ketika lapisan ini mengering. Ikatan antara kedua campuran ini memberikan lapisan permukaan lantai yang sangat keras dan tahan lama. Sifatnya yang keras membuat cat epoxy ini menjadi tahan terhadap gesekan ataupun benturan yang terjadi.

Karena hasil akhir pengecatan epoxy menghasilkan sifat keras, pastinya permukaan ini memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Epoxy lantai yang bagus memiliki permukaan yang kokoh sehingga mampu menahan beban yang berat. Ketika dilewati kendaraan atau benda dengan lalu lintas tinggi, lapisan ini akan tetap mempertahankan tampilannya dan tidak mudah rusak.

Karakteristik hasil pengecatan epoxy yang cukup bagus tentu mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda. Salah satunya adalah ketahan usia dan keawetan yang lama. Berbagai jenis epoxy lantai menjadi bahan yang sangat baik untuk diaplikasikan pada permukaan lantai beton. Selain memberikan perlindungan yang baik, lapisan ini mampu menghemat biaya pemeliharaan Anda.

Baca Juga : Bisakah Melakukan Pengecatan Epoxy Secara Mandiri?

Teknik Pengaplikasian Epoxy Lantai

Perlu Anda ketahui, bahwa hasil dari pelapisan epoxy sangat ditentukan oleh teknik pengaplikasian dan bahan yang digunakan. Sebelum mempercayakan pelapisan epoxy pada lantai Anda, Anda perlu mengetahui teknik pengerjaan yang digunakannya. Kemudian Anda dapat memilih teknik pengerjaan yang menurut Anda memberikan hasil terbaik dan sesuai keinginan Anda.

Secara umum, aplikator epoxy lantai biasanya menggunakan salah satu dari dua teknik yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan epoxy. Dua teknik coating floor tersebut yaitu epoxy flooring self leveling dan epoxy floor coating. Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih teknik yang pertama karena memberikan hasil yang lebih memuaskan meskipun waktu pengerjaan yang cukup lama.

Teknik pengaplikasian epoxy flooring self leveling mampu memberikan kualitas terbaik untuk Anda yang menginginkan pekerjaan lebih rapi dan awet. Metode pengaplikasian ini membutuhkan ketelitian karena teknik yang lebih rumit dan mendetail. Namun, hal ini tidak menjadi masalah besar jika dikerjakan oleh aplikator epoxy berpengalaman yang sudah profesional.

Proses pengaplikasian epoxy memerlukan waktu dan ketelitian tinggi selama prosesnya untuk menghasilkan lapisan epoxy yang sempurna. Dimulai dengan pembersihan dari berbagai kotoran, pengecekan kerataan lantai, barulah pelapisan bisa dimulai. Pelapisan epoxy ini harus dilakukan dengan presisi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kualifikasi Aplikator Epoxy Terpercaya

Sebelum menentukan jasa epoxy yang Anda gunakan untuk membantu mengaplikasikan epoxy bangunan, Anda perlu melakukan kualifikasi terlebih dahulu. Tujuan dari kualifikasi ini yaitu untuk mencari aplikator epoxy lantai yang memberikan kinerja profesional sehingga tidak akan mengecewakan. Anda dapat memeriksa latar belakang dan pengalaman dari aplikator tersebut.

Aplikator jasa epoxy yang berpengalaman dapat dilihat dari hasil pelapisan epoxy pada lantai yang telah dikerjakan. Sebelum menentukan jasa yang akan Anda pilih, Anda bisa memeriksa hasil pengerjaan yang sebelumnya telah dilakukan. Aplikator yang sudah berpengalaman biasanya mampu memberikan hasil kerja maksimal dengan lapisan epoxy yang kuat dan tahan lama.

Setelah melihat hasil kerja aplikator tersebut, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai bahan cat epoxy yang digunakan. Meskipun teknik pengaplikasian sudah tepat, jika bahan dasar cat epoxy yang digunakan kurang berkualitas, maka kualitas lapisan cat epoxy juga kurang baik. Anda bisa memeriksa produk bahan yang digunakan sudah memenuhi standar dan sesuai kebutuhan.

Sebelum memilih aplikator yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda memeriksa berapa lama perusahaan tersebut telah berdiri. Aplikator yang sudah berdiri sejak lama biasanya semakin berpengalaman dan lebih terjamin. Anda juga mempertimbangkan dari berapa lama waktu pengerjaan dibutuhkan. Aplikator profesional akan melakukan kinerja yang efektif dan efisien waktu.

Jika Anda sudah menemukan aplikator epoxy yang cocok, sebelum melakukan transaksi sebaiknya Anda melakukan kalkulasi biaya yang dibutuhkan. Mengingat pelapisan epoxy  biasanya dilakukan di area yang cukup luas, untuk itu biaya pelapisan tiap meternya harus Anda pertimbangkan. Kontraktor jasa epoxy biasanya menyediakan katalog yang bisa Anda cek sebelum memutuskan.

Baca Juga : Update Harga Bahan Epoxy Lantai Terbaru dari Merek Ternama

Perbedaan Hasil Pengecatan Epoxy oleh Aplikator dan Profesional Kontraktor

Indikator keberhasilan pengecatan epoxy memiliki sedikit kemiripan dengan cat. Pencampuran antara bahan resin dengan hardener berpengaruh dalam memberikan hasil akhir nantinya. Kandungan padatan dari epoxy yang digunakan juga menentukan seberapa kuat ketahanan lapisan nantinya. Apabila kandungan padatan ini berkualitas tinggi, maka hasil akhir pelapisan akan memuaskan.

Campuran cat epoxy yang berwujud cair berupa hardener dan resin menjadi lapisan pelindung lantai beton yang sangat baik. Akan tetapi, pencampuran komposisi keduanya perlu diperhatikan dengan baik untuk menghindari kegagalan material setting. Persiapan lahan juga perlu dilakukan sesuai standar untuk mencegah lapisan epoxy yang mudah terkelupas.

Proses pengaplikaian epoxy yang baik bisa Anda dapatkan dengan menggunakan tenaga ahli profesional. Salah satu kontraktor pengecatan epoxy terpercaya adalah Rinjani Epoxy yang menjalankan pengecatan sesuai prosedur kerja dengan hasil akhir maksimal. Anda bisa berkonsultasi langsung ke nomor perusahaan untuk mendapatkan solusi pengecatan epoxy yang Anda butuhkan.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Peredam Panas Atap Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp