Lantai beton pada sebuah rumah atau pabrik memang kerap kali mengalami kerusakan. Kondisi ini memang cukup mengganggu secara pemandangan serta estetika.

Rusaknya lantai dan berlubang memang harus cepat mendapatkan penanganan salah satunya dengan mengaplikasikan epoxy mortar.

Cara Membuat Mortar Epoxy

Mortar Epoxy merupakan campuran zat dari beberapa bahan dengan fungsi mengisi ruang dalam sebuah bangunan. Saat mengaplikasikannya pada bagian lantai beton yang retak bisa teratasi. Berikut cara membuat mortar epoxy ini :

1. Mempersiapkan mesin Mix dan Pengemas

Ketika hendak membuat sebuah epoxy mortar, hal pertama yang perlu Anda persiapkan tentu saja adalah alat pembuatnya.

Untuk bisa membuat material ini, memerlukan sebuah mesin mix dan pengemas yang memiliki fungsi untuk mencampurkan bahan secara optimal.

Mesin ini mempunyai kapasitas cukup besar, pastikan dapat menampung bobot epoxy sampai 2 ton.

Setelah menyiapkan alat mix, selanjutnya Anda memerlukan mesin pengemas. Kegunaannya untuk memasukan berbagai bahan epoxy ke dalam mesin.

2. Mempersiapkan Bahan Bakunya

Setelah mendapatkan alatnya, tahap berikutnya adalah menyiapkan bahan bakunya. Berbelanja bahan dasar untuk membuat epoxy mortar cukup menguras kantong. Hal ini lantara harga material dan zat dasar kimia reality cukup tinggi.

Sebelum pergi ke toko bagunan pastikan memiliki dana yang cukup. Setelah itu tanyakan semua bahan baku kepada toko bangunan. Maka secara cepat pegawai akan mempersiapkan segala kebutuhan bahan dasarnya.

3. Mulai Membuat dengan Memasukan Bahan Bahan Dasarnya

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, saatnya untuk memulai membuat epoxy mortarnya. Caranya cukup mudah, Anda tinggal memasukan semua bahan dasar ke dalam mesin mixer menggunakan alat pengemas tadi agar rapi.

Pastikan untuk jangan memasukannya sembarang, urutkan sesuai dengan panduan karena ini merupakan material kimia.

Perhatikan juga kecepatan alat mixer saat memproses adonan epoxy ini. Tunggu sampai mesin mengeluarkan hasilnya.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis waterproof Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Cara Menggunakan Epoxy Mortar

Setelah berhasil membuat material Epoxy Mortar, tentu saja langkah selanjutnya adalah menggunakannya. Untuk bisa mengaplikasi zat ini dalam memperbaiki lantai beton rusak, pastikan mengikutu tahapans secara benar. Berikut langkah langkahnya :

1. Mempersiapkan Permukaan Lantai Target

Dalam mengaplikasikan material epoxy mortar pada lantai beton yang mengalami kerusakan, terdapat beberapa aturan perlu Anda patuhi. Jalankan prosedur substrat, di mana hal ini untuk memastikan adhesi pada titik antara cara epoxy lantai dan substrat telah benar.

Prosedur ini sangat penting untuk Anda patuhi karena jika tidak pengaplikasian tidak akan berjalan dengan baik. Metode ini cocok untuk masalah pengamplasan atau grinding lantai. Permukaan rusak akibat terkontaminasi minyak sangat perlu pembersihan kimia.

2. Membersihkan lantai dan Melapisinya

Langkah berikutnya adalah melakukan pembersihan pada lantai yang hendak Anda aplikasikan epoxy mortar. Menggunakan vakum industri saat melakukan pembersihan ini sangat pas.

Saat melakukan hal ini pastikan debu benar benar tersingkir karena sangat berpengaruh pada hasil.

Setelah itu pastikan untuk melapisi primer lantainya, karena aktivitas ini akan membuat lantai memiliki daya tahan lebih serta awet. Anda bisa menggunakan cat primer untuk melapisi substrat sehingga meminimalisir resiko gelembung gas.

3. Mengaplikasikan Lapisan Pertama Cat Epoxy

Sebelum melakukan pelapisan pertama pastikan telah mencampurkan 2 komponen epoxy yaitu hardener dan resin epoxy secara benar menggunakan mesin mixer tadi. Langkah ini sangat penting jadi lakukan dengan benar.

Setelah itu ambil alat roller untuk memulai pelapisan pertama di lantai dengan adonan epoxy yang sudah siap. Lakukan tahapan ini secara perlahan. Biasanya setiap 24 jam sekali untuk hasil lebih maksimal.

4. Menerapkan Lapisan Terakhir

Apabila sudah melapisi bagian lantai retak dengan lapisan pertama, kini saatnya melangkah ke tahap berikutnya. Akan tetapi sebelum memasang lapisan terakhir, pastikan semua lubang atau retakan sudah terisi adonan epoxy mortar

Jika sudah langsung saja memulai pelapisan terakhir di area area lantai yang mengalami kerusakan tadi secara merata. Saat memasuki aktivitas melapisi lantai dengan epoxy mortar kedua ini, perlu ketelitian dan kecermatan agar hasil bagus.

Epoxy Crack Repair

Cara Mengatasi Lantai Beton Retak dengan Epoxy Mortar

Lantai beton yang retak memang sangat mengganggu penampilan. Untuk itulah perlu adanya perbaikan salah satunya dengan menerapkan epoxy mortar.

Cara mengatasi lantai beton retak menggunakan metode ini cukup mudah. Pertama lakukan pemetaan pada titik lantai yang rusak.

Petakan secara tepat area area ini. Kemudian, siapkan sebuah port untuk menyuntikan bahan adonan dari epoxy ke permukaan lantai rusak sesuai titik titik tadi. Pastikan mencakokan port ini secara benar dan tepat agar mendapatkan hasil maksimal.

Setelah Anda berhasil mencakokan port, secara bersamaan lakukan proses pemasukan zat adonan epoxynya. Mulailah dari titik terlebar dan perlahan lahan menuju ke port lainnya. Jika material epoxy menegang pindahkan ke porta lainya.

Harga Epoxy Mortar

Selain dapat membuatnya sendiri, Anda juga bisa memperoleh epoxy mortar di beberapa toko bangunan secara online maupun offline. Karena memiliki fungsi serta manfaat luar biasa, tentu cukup banyak orang yang menjual material ini.

Untuk harganya sendiri bermacam macam ada yang mulai dari harga dengan ketebalan 300 micron sampai dengan harga ketebalan 2000 micron. Semakin tebal bahannya maka akan semakin bagus dalam mengatasi permasalahan keretakan pada lantai beton.

Sekarang material epoxy sangat mudah Anda temukan, umumnya orang membeli langsung ke toko bangunan. Akan tetapi mendapatkan barang ini secara online juga bisa. Harga akan menyesuaikan terhadap produknya.

Demikian informasi mengenai pembuatan dan cara penggunaan atau aplikasi dari material epoxy mortar. Apabila masih bingung, bisa mengunjungi atau menggunakan jasa epoxy mortal. Banyak sekali penawaran menarik dari layanan ini bisa Anda pilih dan terapkan.

Berapa Lama Epoxy Mortar Akan Kering?

Untuk proses pengeringan, epoxy mortar akan kering dalam waktu kurang lebih 5 sampai dengan 6 jam di bawah suhu 15 hingga 20 derajat celcius. Apabila suhu lebih rendah maka porses mengeringnya pun akan lebih lama.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh kontraktor waterproofing lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp