Jasa epoxy lantai Surakarta saat ini banyak berkembang, terutama di bangunan-bangunan publik, meskipun ada juga beberapa orang yang memakainya untuk rumah. Mengapa demikian? Bisa jadi karena epoxy adalah salah satu solusi lantai paling serbaguna untuk semua jenis fasilitas komersial, industri, pendidikan, dan kesehatan, dan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kondisi dan kebutuhan.

Terlebih lagi, Surakarta memang daerah yang cukup padat penduduk dan memiliki banyak bangunan penting. Bukan hanya soal proteksi, bangunan di Surakarta juga dijaga nilai estetika dan budayanya. Sehingga, penting untuk mengetahui beberapa info tentang epoxy di bawah ini sebelum menghubungi jasa epoxy lantai Surakarta.

Kekuatan Epoxy Berasal dari Ikatan Kimianya

Lapisan epoxy terdiri dari dua bagian, yaitu resin poliepoxyda dan kuratif. Kedua bahan ini dicampur segera sebelum diterapkan ke lantai. Kemudian, reaksi yang dihasilkan menyebabkan keduanya terikat secara kimia satu sama lain dan ke lantai itu sendiri.

Hal ini membuat lapisan yang lebih kuat dari jumlah bagian-bagiannya. Epoxy sangat tahan lama dan tidak akan terkelupas atau terkelupas dari permukaan lantai. Tentunya, ada beberapa persiapan sebelum apply yang harus dilakukan.

Menyiapkan Permukaan Adalah Bagian yang Paling Penting

Diantara semua ulasan tentang proses persiapan permukaan area yang akan dikenai epoxy, banyak orang yang akhirnya menyerah mengaplikasikan sendiri. Itulah sebabnya, peran jasa epoxy lantai Surakarta memang sangat penting agar Anda tidak membuang uang bahan pelapis secara sia-sia.

Salah satu penyebab terburuk gagalnya sebuah pengaplikasian epoxy adalah kelembaban. Kelembaban tinggi atau uap yang menembus lantai beton dapat mencegah terbentuknya ikatan perekat sekaligus memperlambat proses pengawetan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk melakukan tes kelembaban profesional terlebih dahulu, Jasa epoxy lantai Surakarta yang profesional akan bisa membantu Anda.

Epoxy dengan Tebal Minimal 2 mm untuk Lantai

Penting untuk diketahui bahwa pengaplikasian epoxy harus setebal setidaknya 2 mm agar dapat dihitung sebagai lantai. Adapun untuk non lantai, misalnya untuk pengaplikasian di tembok atau lainnya, Anda dapat menggunakan ketebalan kurang dari 2 mm.

Apakah perbedaannya? Lantai epoxy memberikan dukungan struktural tambahan, sementara pelapis hanya menciptakan lapisan pelindung. Sehingga, ketebalan ini sangatlah berperan penting.

Epoxy Dapat Diterapkan ke Permukaan Lantai Paling Keras

Meskipun yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah epoxy lantai beton, namun epoxy juga dapat digunakan untuk memberikan lapisan pelindung ke permukaan keras apa pun. Misalnya saja subflooring logam dan kayu. Namun demikian, meski bisa melapisi area terkeras sekalipun, permukaan ini harus disiapkan dengan hati-hati untuk memastikan ikatan epoxy dengan baik ke lantai.

Sifat Epoxy Adalah Fleksibel, Kuat dan Cantik

Sesuai dengan citra Surakarta yang berbudaya dan bernilai estetika tinggi, epoxy yang memiliki sifat fleksibel, kuat dan cantik memang sangat relevan. Ya, lantai epoxy memiliki tingkat fleksibel jauh lebih kuat daripada lantai kaku, terutama dalam hal ketahanan abrasi.

Tak hanya itu, lantai epoxy juga bisa hadir dalam berbagai corak, warna, dan efek yang menakjubkan. Anda bahkan dapat memilih warna atau motif epoxy dengan kilau metalik yang menyerupai pemandangan laut atau gurun yang berkilauan untuk membuat pernyataan yang berani. Warna yang berbeda dapat diterapkan secara bertahap, menciptakan pola warna-warni yang mempesona yang menerangi fasilitas area.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pengecatan Epoxy

Epoxy Dapat Dikombinasikan dengan Produk Lain

Hampir tidak ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan epoxy. Lapisan non-slip dapat ditambahkan dengan kuarsa tertanam atau yang terkenal dengan istilah embedded quartz. Lapisan atas uretan yang menutup epoxy akan menciptakan salah satu permukaan paling tahan lama yang tersedia.

Tak Hanya Indoor, Epoxy Dapat Digunakan di Luar Ruangan

Epoxy yang dikombinasikan dengan agregat seperti kerikil dapat menciptakan permukaan yang tahan lama, menarik, dan siap untuk digunakan di luar ruangan. Produk akhir akan terlihat seperti suguhan pelapis estetik dengan kerikil keras atau kerikil yang disatukan oleh perekat epoxy.

Ketahuilah bahwa paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan reaksi kimia di lantai epoxy yang membuatnya tampak menguning. Atau menghasilkan kualitas menyerupai kapur di dalam lapisan permukaan. Anda dapat menghindari masalah ini dengan memilih untuk menerapkan lapisan tahan UV, atau hanya membatasi paparan permukaan terhadap cahaya langsung.

Waktu yang Dibutuhkan Sebelum Hasil Jadi

Pelapisan lantai epoxy memang cukup cepat dalam pengaplikasiannya, tetapi hanya karena tampak keras tidak berarti sudah siap untuk terus menerus dilalui secara bebas. Dibutuhkan minimal 18 sampai dengan 24 jam sebelum permukaan dapat dilalui dengan aman. Perawatan lengkap dimana epoxy akan mencapai bentuk akhir dan kekerasannya dapat memakan waktu selama 30 hari.

Suhu yang lebih dingin akan bisa memperlambat proses ini. Faktanya, aplikasi pada suhu di bawah yang disarankan tidak direkomendasikan, karena prosesnya akan memakan waktu terlalu lama dan dapat menimbulkan masalah.

Penting untuk Memilih Jasa Epoxy Lantai Surakarta Berpengalaman

Punya banyak keunggulan bukan berarti mudah diaplikasikan. Itulah hal yang perlu Anda ketahui tentang pelapis epoxy. Merujuk pada fakta tersebut, maka Anda perlu bekerjasama dengan penyedia jasa epoxy lantai Surakarta yang profesional untuk memastikan bahwa fasilitas umum, area komersil, atau bahkan rumah tinggal bisa dilapisi secara maksimal.

Jasa epoxy lantai Surakarta Rinjani Warna Karya siap untuk memberikan beragam pelayanan terkait dengan pengaplikasian epoxy. Mulai untuk sarana belajar, area industri, tempat umum dan sebagainya. Segera hubungi nomor yang tertera untuk konsultasi lebih lanjut.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh kontraktor Epoxy Lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp