Meskipun sebenarnya cahaya matahari mampu mencegah depresi serta meningkatkan rasa gembira, namun menerapkan metode penahan panas matahari menjadi hal penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan kelebihan cahaya dianggap memberikan banyak efek buruk.

Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal ini, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini hingga bagian akhir.

Cat Peredam Panas

Pentingkah Penggunaan Penahan Panas Matahari Itu?

Bertempat tinggal di kawasan daerah tropis seperti Indonesia ini memang membuat banyak sekali cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Terlebih lagi, adanya hal tersebut membuat ruangan terasa lebih panas dan membuat penghuni menjadi gerah.

Lebih membahayakannya lagi, ketika adanya silau cahaya matahari sangat berpotensi mengganggu penglihatan manusia. Oleh sebab itu, sangat penting adanya penggunaan penahan panas matahari untuk menjaga tingkat kenyamanan penghuni rumah maupun gedung.

Di samping itu, perlu juga diketahui apabila beberapa ruangan didalam rumah tentu mempunyai intensitas cahaya berbeda-beda.

Namun, terdapat beberapa ruangan yang sangat cocok apabila terpapar sinar matahari secara langsung, misalnya taman, ruang kerja, anak tangga dan lain sebagainya.

Akan tetapi, apabila dalam jenis ruangan yang difungsikan untuk beristirahat sebaiknya lebih menjaga intensitas cahaya didalamnya. Hal ini ditujukan untuk menjaga kualitas tidur maupun istirahat setelah penat seharian beraktivitas.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Peredam Panas Atap Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Metode Penahan Panas yang Mudah Dilakukan

Setelah membaca uraian singkat terkait seberapa penting penggunaan penahan panas matahari, kali ini akan dijelaskan pula bagaimana metodenya. Dengan begitu, Anda juga dapat menerapkan salah satu dari metode ini sebagai inspirasi.

Penahan Panas Matahari1. Memberikan Tirai pada Setiap Jendela

Salah satu cara penahan panas matahari yang dianggap sangat amat mudah yakni dengan memberikan tirai pada setiap jendela. Akan tetapi, seberapa efektif tirai dalam menghalau umumnya ditentukan berdasarkan kualitas dari tirai serta tingkat ketebalannya.

Berdasarkan penelitian, tirai dalam mengurangi panas matahari hingga 33 persen ketika dilengkapi material plastic pada bagian belakang. Dibandingkan dengan memberikan banyak tambahan lainnya, penggunaan tirai memang dianggap sangat efektif dan murah meriah.

2. Menambah Kanopi pada Bagian Jendela

Pada dasarnya, kanopi jendela berfungsi sebagai penghalau sinar matahari yang memancar langsung ke jendela. Posisi paling pas biasanya di atas jendela, yaitu perpanjangan atap di atas jendela.

Selain untuk menghalau sinar matahari, kanopi juga berfungsi untuk mengurangi terpaan atau tampias air hujan ketika tengah hujan deras.

3. Mengganti Kaca Jendela

Metode penahan panas matahari selanjutnya yakni dengan cara mengganti kaca jendela dengan kaca reflektif. Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan jenis ini, dimana kaca reflektif adalah kategori kaca dengan lapisan logam khusus.

Sifat khusus yang dimiliki jenis ini yaitu mampu memantulkan cahaya sangat baik. Akan tetapi dalam segi harga mungkin dianggap lebih mahal.

Namun jangan khawatir, apabila ingin mendapatkan manfaat sama namun dalam harga relatif terjangkau dapat diganti dengan kaca film. Dengan begitu lapisan tersebut akan menghalau cahaya matahari yang masuk berlebih ke dalam ruangan.

Akan tetapi, terdapat hal penting untuk diperhatikan ketika menggunakan kaca reflektif. Ketika pada saat proses dibersihkan membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan lebih ekstra.

Pasalya, jenis kaca reflektif dianggap sangat rentan dan mudah tergores yang menyebabkan adanya pengaruh pada cara pandang.

4. Melengkapi Rumah dengan Tanaman Belukar

Selanjutnya yaitu dengan lebih memberikan tanaman belukar pada lingkungan sekitar rumah. Selain dapat digunakan untuk penghalau cahaya sinar matahari, tanaman ini juga dapat memenuhi kebutuhan artistik.

Namun sedikit kekurangan dari metode ini yaitu membutuhkan waktu cukup lama agar tanaman dapat merambat hingga melewati bagian jendela.

Cat Peredam Panas Eksterior5. Mempertimbangkan Jumlah dan Ukuran Jendela Rumah

Metode yang terakhir yaitu dengan mempertimbangkan pemberian jendela dalam segi jumlah dan ukuran. Pada dasarnya, jendela merupakan salah satu bagian untuk memberikan celah agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan atau rumah.

Akan tetapi, Anda dapat lebih mempertimbangkan kondisi ruangan juga. Misalnya saja apakah dengan jumlah yang telah ditentukan rumah menjadi terlalu terang maupun terlalu gelap.

Oleh sebab itu, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangkan untuk pengonsumsian cahaya matahari. Salah satu tips dalam mempertimbangkan jumlah dan ukuran yaitu akan lebih baik apabila mengurangi jumlahnya pada bagian yang paling banyak terkena cahaya matahari sore.

Sebaiknya, gunakan cahaya pantul apabila dibandingkan dengan cahaya matahari secara langsung. Akan tetapi, perlu juga untuk diperhatikan apabila ketika Anda memutuskan mengurangi celah dan jendela, sangat memungkinkan adanya perubahan pada sirkulasi udara.

Tips Ketika Ingin Memasang Penahan Panas

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cat peredam panas, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya yaitu mempertimbangkan bagaimana arah bangunan tersebut.

Perlu untuk diketahui apabila arah setiap bangunan sangat berpengaruh terhadap intensitas cahaya didalamnya. Selanjutnya yaitu menggunakan penutup berupa tanaman serta membuat sun shading.

Secara umum, konsepan dari sun shading yaitu memberi tambahan atap yang cenderung lebih panjang jika dibandingkan dengan dinding kaca. Selanjutnya yakni membangun cross ventilation untuk membantu dalam mengeluarkan udara panas serta dapat menarik udara segar agar masuk ke dalam ruangan.

Pada saat memasang atau membangun ventilasi silang, akan lebih baik jika Anda membuatnya secara berseberangan. Salah satu contohnya yaitu berbentuk kanan dan kiri atau vertikal ke atas dan ke bawah.

Demikian ulasan singkat terkait metode penahan panas matahari yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Pastikan keluarga maupun rekan kerja Anda telah merasakan aman dan nyaman meskipun berlama-lama di dalam ruangan.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh kontraktor Peredam Panas Atap lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp