Cat tembok anti panas merupakan salah satu produk unggulan yang dikenal dapat mencegah penyerapan panas secara berlebih. Bagi Anda yang penasaran bagaimana sistem serta keunikan dari cat pelapis ini, langsung saja simak ulasan berikut hingga akhir.

Dampak Iklim Indonesia untuk Ketahanan Dinding Rumah

Ketika memutuskan untuk bertempat tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, tentu harus terbiasa dengan cuaca panas. Pada saat musim kemarau Indonesia dapat mencapai suhu paling tinggi atau cuaca paling panas.

Lantas, bagaimana dengan kondisi dinding bangunan rumah Anda? Pastinya hal ini perlu diperhatikan dan menjadi salah satu bahan pertimbangan karena permasalahan dinding akan mulai bermunculan.

Permasalahan yang sering terjadi yaitu terdapat jamur atau kerak pada dinding bangunan. Sehingga akan mempunyai potensi tinggi terjadinya retakan pada dinding, berkurangnya kekuatan dinding akibat pergantian cuaca.

Bahkan, lebih buruknya cat cenderung mudah terkelupas dan warna menjadi semakin pudar. Oleh sebab itu, kenyamanan rumah dalam segi tampilan menjadi tidak optimal lagi.

Cat Peredam Panas Atap

Mengatasi Suhu Ruangan Tinggi dengan Cat Tembok Anti Panas

Dari berbagai permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya, lantas apakah Anda sudah menemukan solusinya?  Seperti yang telah diketahui, apabila penghuni rumah pasti ingin sekali memiliki suasana nyaman.

Oleh sebab itu, terdapat beberapa syarat penting yang harus diikuti untuk menciptakan suasana nyaman tersebut.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Peredam Panas Atap Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Beberapa diantaranya yaitu mempunyai udara atau hawa sejuk dan tidak terlalu panas. Oleh sebab itu, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dinding dengan suhu tinggi.

1. Mencari Tahu Penyebab

Langkah yang pertama yaitu dengan mencari tahu penyebab dari permasalahan. Pasalnya, sebelum memutuskan untuk mencari tahu sumber panas penting juga mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu.

Pasalnya, penyebab dari panas ruangan tentu berbeda-beda. Bisa saja disebabkan karena lingkungan rumah yang gersang maupun berada di sekitar jalan raya dengan tingkat minim tumbuhnya pepohonan.

Di samping itu, aktivitas di dapur dengan tingkat tinggi juga dapat menyebabkan ruangan menjadi bersuhu tinggi karena penggunaan kompor berlebihan. Ada pula penyebab lainnya karena menggunakan atap rumah berupa seng maupun kualitas dinding yang tipis.

2. Mencari Tahu Sumber Panas

Cara selanjutnya untuk mengatasi dinding dengan suhu tinggi yaitu dengan mencari dari mana sumber panas tersebut berasal. Pasalnya, hal ini juga dapat menjadi petunjuk apakah perlu untuk memberikan peredam panas pada spot tertentu atau bahkan di seluruh permukaan dinding.

Mudahnya mengetahui perlu atau tidaknya memberikan peredam panas yakni dengan menggunakan termometer digital. Hal ini dapat dilakukan di antara pukul 9 pagi hingga 10 pagi.

Cat Peredam Panas

3. Memilih Warna yang Pas

Pengaturan juga dapat dilakukan dari segi pemilihan warna cat. Dimana berdasarkan teori yang ada warna gelap lebih mudah menyerap panas sedangkan untuk warna terang lebih bersifat memantulkan panas.

Warna gelap setidaknya mampu menyerap sebagian besar panas yaitu sebesar 70-90% dari keseluruhan panas matahari yang diterima.  Panas yang diserap kemudian akan berpengaruh terhadap suhu ruangan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan jenis cat dengan warna terang serta termasuk kedalam cat tembok anti panas. Secara umum, jenis cat khusus tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar tidak mudah pudar.

Dengan begitu, warna cat rumah akan tetap menarik meskipun sudah terlapisi bertahun-tahun. Memang, apabila dibandingkan dalam segi kualitas dianggap lebih unggul dari jenis cat pada umumnya.

4. Menggunakan Cat Tembok Anti Panas

Ketika ingin merasakan rumah yang nyaman dan aman dari berbagai macam kondisi cuaca keberadaan cat tembok anti panas dapat menjadi pilihan utama.

Selain memberikan tampilan warna menarik pada sebuah bangunan, sebenarnya tersemat banyak sekali fungsi mumpuni lainnya.

Salah satunya yaitu dianggap efektif untuk mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari secara langsung. Di samping itu, dari segi formula memang dirancang  khusus agar dapat mereduksi efek dari sinar matahari maupun panas dari luar.

Beginilah Cara Merawat Cat Tembok Anti Panas

Pada dasarnya cat tembok juga menjadi bagian elemen penting dalam sebuah bangunan. Hal ini juga dapat mempengaruhi bagaimana karakter serta sifat dari pemilik rumah atau bangunan tersebut.

Cat Peredam Panas Eksterior

Apabila cat tembok terlihat cantik dan rapi serta menerapkan peredam panas tentu akan membuat penghuni menjadi betah berlama-lama di rumah. Meskipun cat tembok anti panas ini telah diformulasikan dengan berbagai macam bahan khusus, akan tetapi perlu diperhatikan pula dalam segi perawatannya.

Misalnya dengan cara membersihkan setiap debu yang menempel pada tembok. Keberadaan debu seringkali menyebabkan cat menjadi tampak lebih kotor dan semakin terlihat kusam.

Hal ini juga untuk dapat menambah estetika bangunan agar tetap terlihat bersih dan terawat. Salah satu cara lain untuk bisa mendapatkan pengaplikasian cat terbaik yaitu dengan memilih jasa Cat Peredam Panas yang tepat.

Pasalnya, tidak semua jasa kontraktor memberikan hasil terbaik sesuai dengan ekspektasi Anda. Oleh sebab itu, mempertimbangkan penggunaan jasa juga harus benar-benar disesuaikan.

Salah satu caranya yaitu dengan mengetahui riwayat atau testimoni dari konsumen sebelumnya. Selain itu, dapat pula mempertimbangkan jenis atau merek cat yang digunakan oleh jasa kontraktor.

Bahkan berbagai macam fasilitas juga sangat penting untuk diketahui lebih dalam, mulai dari segi garansi maupun tenaga kerjanya.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cat dinding anti panas diperlukan terutama kita yang tinggal di negara tropis. Pencegahan dan tindakan perlu dilakukan dalam rangka menghadapi pergantian cuaca maupun menghadapi cuaca yang ekstrim.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh kontraktor Peredam Panas Atap lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp