Salah satu solusi yang sering digunakan untuk lantai area komersial seperti pabrik, rumah sakit, dan fasilitas industri yaitu dengan cat epoxy. Bahkan pemakaian cat epoxy juga digunakan untuk area perumahan residensial.

Jasa Spesialis Pengecatan Epoxy Lantai

Fungsi dari Cat Epoxy

Fungsi cat epoxy sendiri ialah menjadikan lantai lebih kuat, tahan lama, mengkilap, anti gores, anti bakteri dan anti slip. Selain itu epoxy juga merupakan cat yang mudah dibersihkan sehingga lantai selalu tampak baru dan bersih.

Akan tetapi cat epoxy harus digunakan dengan aplikasi yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Para pekerja yang menangani harus memiliki tingkat ketelitian tinggi dan profesional agar hasil akhir memuaskan.

Cat epoxy ini memiliki keunggulan lain yakni tahan terhadap cairan kimia sehingga lantai selalu higienis dan tahan lama.

Memiliki kemampuan tahan lama menjadikan lantai yang dilapisi cat epoxy ini lebih awet dan tidak sering memerlukan perbaikan.

Akan tetapi cat epoxy juga dapat mengalami kerusakan serta hilang tampilan kilapnya. Adapun tahapan mengembalikan kilap lantai epoxy.

 

Cara Memperbaiki Lantai Epoxy yang Terkelupas

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Lantai Epoxy

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa cat epoxy merupakan pelapis permukaan lantai yang tahan lama dan gores. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat kerusakan pada lantai epoxy.

Apabila lantai mengalami kerusakan dan hilang tampilan kilapnya maka lantai memerlukan perbaikan. Beberapa kerusakan yang terjadi seperti lantai terkelupas dan menggelembung.

Seperti adanya gesekan akibat benda dengan permukaan tajam atau runcing yang ditarik atau dorong pada permukaan lantai. Hal ini mengakibatkan lantai menjadi mengelupas dan tampilan kilapnya sedikit terganggu.

Lantai rusak diakibatkan bahan kimia dengan kandungan zat yang memiliki sifat merusak dalam jumlah yang tidak sedikit.

Memang cat epoxy memiliki kemampuan tahan akan bahan kimia bukan tidak mungkin akan mengalami kerusakan karena hal ini.

Ini terjadi apabila lantai sering terpapar dan tidak langsung dibersihkan, ini mengakibatkan perubahan warna dan tekstur permukaan lantai yang berubah. Sehingga lantai akan tampak lebih buram dan tidak mengkilap.

Kerusakan juga bisa terjadi akibat dari waktu awal pengecatan tidak sesuai dengan prosedur atau para pekerja yang kurang mumpuni.

Pada umumnya diakibatkan karena saat pelapisan kondisi lantai tidak sepenuhnya bersih dan permukaan tidak rata.

Hal ini mengakibatkan saat pelapisan, menyebabkan cat tidak dapat meresap secara sempurna. Apabila cat pelapis tidak dapat terserap secara sempurna mengakibatkan terjadinya penggelembungan lantai.

Penyebab tersebut dapat berakibat fatal pada lantai apabila tidak sering ditangani maka penampakan lantai akan buram dan terjadi pengelupasan.

Jadi ketika lantai sudah menampakkan ciri-ciri tersebut (perubahan warna, terkelupas dan menggelembung) maka harus segera ditangani.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis waterproof Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Harga Jasa Membersihkan Lantai Epoxy

Cara Mengembalikan Kilap serta Mengatasi Lantai Epoxy yang Rusak

Penanganan secara cepat dan segera akan meminimalisir kerusakan lebih berat pada lantai. Sehingga pengeluaran untuk perbaikan lebih minim dan tidak membuat pembengkakan pengeluaran.

Tahap pertama dengan dengan melakukan pengecekan pada lantai yang rusak terlebih dahulu. Hali ini berguna untuk mengecek lebih detail lagi dimana letak kerusakan lantai agar dapat ditangani dengan tepat.

Apabila lantai hanya tergores maka Anda hanya bisa menggunakan ampelas untuk meratakan permukaan lantai. Akan tetapi saat Anda melakukannya perlu berhati-hati agar tidak merusak bagian lantai lainnya.

Jika setelah dicek ternyata terjadi kerusakan cukup parah, maka langkah yang dilakukan selanjutnya dilakukan lebih serius. Maka dari itu pengecekan harus dilakukan secara menyeluruh agar kerusakan dapat diminimalisir.

Selanjutnya dilakukan pembersihan (buffing) pada permukaan lantai sebelum dilakukannya pelapisan epoxy. Manfaat dilakukannya pembersihan terlebih dahulu agar cat dapat meresap secara sempurna dan hasil pelapisan dapat terlihat lebih merata.

Membersihkan lantai agar bebas dari kotoran, debu dan material lainnya. Lakukan pembersihan dengan tepat dan maksimal, tentu saja harus dipastikan benar-benar bersih.

Membersihkan lantai harus menggunakan kain microfiber atau dengan mesin poster agar lantai benar-benar bersih. Hindari menggunakan pembersih lantai bahkan detergen karena bahan tersebut akan mempengaruhi kerja dari cat epoxy.

Tambahkan chemical khusus agar noda atau greater (minyak atau oli) dapat terangkat dan tidak menimbulkan sisa. Karena apabila lantai masih ada noda minyak cat epoxy tidak akan dapat terserap dengan baik.

Setelah memastikan sisa minyak tidak ada lantai kembali dibersihkan dengan mesin buffing. Agar lantai benar-benar bersih dan anti minyak ati debu.

Untuk menampilkan lantai mengkilap  lakukan proses waxing pada permukaannya. Untuk mengembalikan penampakan lantai menjadi berkilau dan terlihat bersih perlu dilakukan proses pengaplikasian cat epoxy.

Perlu Tenaga Profesional? Rinjani Warna Karya Solusinya

Untuk menghasilkan lantai lebih mengkilap setelah semua proses perataan perlu dilakukan pelapisan cat epoxy ulang pada lantai. Ada beberapa tahapan yang diperlukan untuk memperoleh hasil maksimal.

Lapisi lantai dengan primer perekat setelah itu terapkan cat epoxy yang sudah dicampur dengan cairan khusus secara merata.

Lakukan dengan hati-hati agar cat yang dihasilkan mengkilap dan terlihat bersih, lakukan pula proses finishing pada lantai.

Itulah beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada lantai epoxy dan tahapan untuk membuat lantai mengkilap kembali.

Pekerjaan seperti ini sangat sulit dilakukan sendiri Anda pasti akan membutuhkan jasa dengan tenaga profesional dan mumpuni.

Anda dapat menghubungi Rinjani Warna Karya, karena disini Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dan harga lebih terjangkau.

Demikian artikel ini dibuat semoga dapat menambah informasi tentang epoxy lantai. Jangan khawatir akan lantai epoxy yang rusak, lecet atau menggelembung karena semua dapat diatasi.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh kontraktor waterproofing lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp