Dalam dunia bisnis, khususnya kuliner dan manufaktur, gudang merupakan tempat krusial yang harus diperhatikan kondisi dan kebersihannya. Di mana bangunan gudang memiliki standar tersendiri, baik dari ketahanan, material yang digunakan hingga teknik perawatannya.

Salah satu cara merawat gudang yaitu dengan menerapkan cat epoxy pada lantai. Namun, pemilihan cat tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa pilihan yang direkomendasikan khusus untuk gudang makanan.

Apa saja merk cat epoxy yang cocok untuk gudang makanan? Simak ulasannya!

Alasan Menggunakan Epoxy Lantai untuk Gudang Makanan

Sebelum mengecek merk cat epoxy yang cocok untuk gudang makanan, berikut alasan mengapa metode bangunan ini penting diterapkan pada area gudang usaha Anda.

1.      Lantai Lebih Kokoh

Biasanya, gudang makanan memiliki aktivitas yang cukup tinggi, mengingat tempat itulah awal mula produk Anda dibuat. Benturan serta gesekan dari alat berat tempat untuk membawa bahan makanan lama-kelamaan akan membuat lantai gudang menjadi rusak.

Nah, dengan mengaplikasikan epoxy, lantai menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap gesekan serta benturan benda berat.

2.      Kesehatan Gudang Terjaga

Selain sering dijajaki pegawai dan benda berat, gudang makanan juga rentan lengket karena likuid makanan yang tidak sengaja terjatuh ke lantai saat proses produksi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, lantai non-epoxy akan menjadi sarang bakteri.

Tetapi, karena epoxy mudah dibersihkan dan tahan terhadap air, maka sisa cairan bahan makanan tersebut akan lebih gampang dibersihkan. Alhasil, kebersihan dan Kesehatan gudang pun tetap terjaga.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pengecatan Epoxy

Cat Epoxy Lantai yang Cocok untuk Gudang Makanan

Apabila Anda sudah memahami pentingnya epoxy terhadap usaha Anda, berikut beberapa rekomendasi cat pelapis lantai yang cocok untuk gudang makanan.

1.      Cat Epoxy Aquaproof

Inilah pilihan pertama cat untuk epoxy lantai gudang makanan. Brand image yang satu ini banyak dikenal sebagai cat anti bocor.

Terpampang jelas di bagain luar kemasan bahwa cat ini dapat membuat lapisan objek menjadi tahan air, tahan lama serta tahan leleh.

Aquaproof sangat cocok untuk lapisan atas lantai gudang makanan. Kualitas yang ditawarkan juga merupakan yang terbaik berkat bahan polimer thixotropic yang terkandung di dalamnya.

2.      Cat Epoxy Drylok

Rekomendasi cat epoxy selanjutnya berasal dari merek Amerika yang sudah terbukti memiliki ketahanan tinggai terhadap beban berat. Drylok mengklaim dapat menahan hingga setara daya tekanan air di kedalaman 10 meter.

Drylok juga telah menerima sertifikat Green Wise, yaitu keterangan yang menjamin jika cat ini ramah lingkungan dan kesehatan. Pilihan pas untuk lantai gudang makanan yang sering dilalu-lalangi alat berat pengantar barang dan rentan dengan bahan kimia.

3.      Cat Epoxy Propan

Cat epoxy terbaik lainnya yakni Propan. Polesan dari cat ini mampu menghasilkan film yang sangat solid. Hal ini membuat lapisan lantai tidak cepat menyusut.

Ketahanan lapisan cat epoxy Propan pun tidak perlu dipertanyakan lagi, namun dengan syarat tetap melakukan perawatan lantai epoxy yang sesuai secara berkala.

4.      Cat Epoxy Foxapaint

Foxapaint merupakan cat epoxy populer yang sudah sering digunakan oleh para pelaku usaha, khususnya pada bidang yang berhubungan dengan cairan. Jadi, merk ini sangat cocok untuk gudang pabrikan makanan yang penuh dengan bahan likuid.

5.      Cat Epoxy Epotone Pro

Rekomendasi terakhir adalah cat epoxy dari Epoton Pro. Merk ini dikhususkan untuk lantai gudang yang rentan akan benturan. Daya rekat cat juga dapat diandalkan, serta tahan terhadap cairan kimia.

Lima merk di atas bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada gudang makanan. Cek kembali karakteristik dan kelebihan dari masing-masing merk sebelum menentukan pilihan.

Masalah pada Cat Lantai Epoxy

Dalam proses pengaplikasian cat epoxy, beberapa masalah berikut sering kali muncul dan membuat hasil akhirnya tampak kurang sempurna.

1.      Epoxy Lengket

Sebagian besar dari Anda mungkin bertanya maksud dari “lengket” di sini, karena sebelumnya telah disebutkan bawa penggunaan cat epoxy dapat mencegah lengket. Sebenarnya, bukan itu maksudnya.

Epoxy lengket yang dimaksud adalah kondisi di mana cat lantai terlalu lama dibiarkan. Saat cat epoxy tersebut dibaurkan pada lantai beton maka akan menghasilkan konsistensi yang lengket dan sulit diaplikasikan karena sudah terlanjur mengeras.

2.      Muncul Efek Mata Ikan

Masalah yang terjadi lainnya adalah terbentuknya mata ikan pada lantai beton epoxy. Hal ini ditandai dengan munculnya bercak di permukaan lantai seperti kawah dengan titik di tengahnya menyerupai mata ikan.

Penggunaan takaran yang tepat adalah salah satu cara menghindari efek mata ikan pada lantai epoxy.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Epoxy

Jasa Cat Epoxy Lantai Terbaik

Masalah-masalah di atas tidak akan terjadi jika Anda menggunakan jasa pengecatan epoxy lantai professional, Rinjani Epoxy.

Dengan tenaga professional yang sudah berpengalaman, kami akan membantu Anda dalam mengaplikasikan cat epoxy lantai. Mulai dari pemilihan cat epoxy serta cara pengaplikasian yang tepat untuk mendapatkan hasil lantai epoxy yang optimal akan dilakukan dengan pelayanan terbaik

Ya, walaupun beberapa cat epoxy tersedia di pasaran, akan lebih baik jika Anda menyerahkan pekerjaan pelapisan lantai gudang kepada jasa Rinjani Epoxy yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Dengan begitu, risiko gagal akan terminimalisir, dan hasil yang didapatkan pun tampak sempurna.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp