Cara aplikasi epoxy agar hasilnya maksimal harus dilakukan oleh ahli yang profesional. Epoxy adalah cairan khusus yang terdiri dari dua komponen. Komponen tersebut adalah resin dan hardener. Keduanya merupakan satu kesatuan.

Jika salah satu dicampur maupun teknik pencampurannya kurang tepat, hasilnya lapisan jadi kurang kuat. Bahkan tak mampu kering walau menggunakan bantuan alat pemanas sekalipun. Berikut adalah tahapan dalam pengaplikasian epoxy pada lantai beton.

Persiapan Permukaan Lantai

Cara Aplikasi Epoxy

Cara aplikasi epoxy yang pertama adalah persiapan permukaan lantai. Aplikator epoxy lantai yang profesional akan melaksanakan prosedur persiapan substrat. Proses ini diperlukan guna memastikan adhesi antara cat epoxy lantai serta substrat. Metode yang sesuai adalah pengamplasan atau disebut dengan grinding.

Permukaan lantai yang terkontaminasi minyak barangkali juga memerlukan pembersihan kimia. Untuk mendapat hasil yang rata pindahkan benda yang mungkin mengganggu. Misalnya meja, lemari, kursi maupun benda lainya. Tahap grinding sendiri memiliki tujuan untuk membuka pori-pori lantai.

Dengan demikian epoxy dapat meresap hingga ke struktur bagian dalam lantai. Selain itu, bisa juga dijadikan tahap untuk menghilangkan lapisan cat lama.

Membersihkan Permukaan Lantai dari Debu

Cara aplikasi epoxy berikutnya adalah membersihkan debu dari permukaan lantai.

Tahap ini dapat memanfaatkan bantuan alat vakum industri guna membersihkan debu dan kotoran dari lantai.

Lantai harus dibersihkan lebih dulu dari debu atau residu sebelum lanjut mengaplikasikan cat primer. Bila tidak, Anda akan mendapati berbagai partikel terperangkap dalam coating.

Hal ini akan mengakibatkan adhesi jadi melemah secara signifikan. Makin sedikit debu mikro yang ada di permukaan, maka semakin sedikit juta cat primer yang Anda perlukan.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Melapisi Lantai Menggunakan Cat Primer

Selalu pastikan melakukan cara aplikasi epoxy ini yaitu pelapis primer lantai. Jangan percaya dengan klaim jika pelapis primer tak dibutuhkan. Pelapis primer akan menjadikan lantai Anda mempunyai daya tahan lebih serta berumur lebih panjang. Lantai pun akan memiliki adhesi lebih baik ke substrat.

Lapisan cat primer akan melapisi substrat serta menghilangkan risiko gelembung sekali gas. Pelapis primer pun dapat membantu mengurangi banyaknya cat yang akan dipakai di proses selanjutnya.

Pastikan jika area lantai yang diaplikasikan primer tersebut berventilasi baik. Beberapa orang banyak yang mengabaikan atau tidak melakukan tahap primer dengan alasan lebih menghemat waktu.

Padahal pemberian lapisan primer justru akan menambah daya tahan lantai. Lantai jadi lebih berumur panjang dan mempunyai adhesi lebih baik ke substrat.

Mengaplikasikan lapisan primer justru akan menghemat volume cat yang akan digunakan di tahap selanjutnya. Karena pori-pori lantai sudah tertutup dengan sempurna.

Sebelum menuju tahap inti pastikan tak ada lubang lebar maupun retakan di substrat. Bila ditemukan retakan, lakukan penutupaan lebih dulu menggunakan epoxy mortar maupun grout.

Mengaplikasi Lapisan Pertama Cat Epoxy

Sebelum lanjut pada cara aplikasi epoxy ini, campurkan 2 komponen hingga merata antara resin (epoxy) dengan hardener. Hardener berfungsi sebagai pengeras sekaligus pengering. Perbandingannya yakni 2:1. Agar memudahkan proses pencampuran gunakan alat bantu berupa mixer listrik selama kurang lebih 5 menit.

Jika pencampuran kurang merata justru akan memperlambat proses pengeringan. Bahkan tak mampu mengeras hingga keseluruhan.

Mengaplikasikan Cat Epoxy dengan Roller

Gunakan roller yang memiliki kualitas baik. Karena roller yang berkualitas buruk berisiko mudah terlepas. Anda harus bisa melapisi lagi lantai setelah 24 jam. Keesokan harinya Anda barangkali memperhatikan berbagai masalah yang muncul.

Antara lain retakan, lubang, dan sebagainya. Pastikan untuk menambal masalah tersebut sebelum memulai aplikasi lapisan berikutnya.

Anda barangkali juga butuh mengamplas beberapa permukaan yang tak rata. Khususnya yang muncul setelah mengerjakan lapisan pertama. Bila perlu, tunggu sampai lapisan benar-benar kering sebelum bisa dilapisi kembali.

Mengaplikasikan Lapisan Akhir

Cara Aplikasi Epoxy Lantai

Sebelum melakukan cara aplikasi epoxy lapisan akhir, pastikan seluruh lubang serta retakan sudah terisi. Selain itu, pastikan pula tak ada debu.

Jika tidak, maka Anda akan memperoleh tekstur jelek di lapisan permukaan akhir. Ingatlah bila sebagian besar cat epoxy memiliki masa guna.

Masa guna ini juga disebut pot life yang lamanya kurang lebih 40 menit (bahkan bisa kurang). Oleh sebab itu, disarankan Anda mencampurkan satu ember sekaligus untuk sekali pengaplikasian.

Jika resin sudah tercampur hardener dalam waktu 40 menit teksturnya menjadi sedikit lengket.

Bahkan ada beberapa campuran yang menggumpal. Jadi supaya cat tak terbuang sia-sia manfaatkan saja seperlunya.

Bila masih tersisa sebaiknya jangan langsung dikembalikan di wadah. Hal tersebut justru akan membuat epoxy yang masih murni atau belum tercampur jadi ikut menggumpal.

 

Rekomendasi Jasa Aplikator Epoxy Lantai

Apakah Anda tengah mencari kontraktor profesional serta berpengalaman yang mampu melakukan cara aplikasi epoxy? Rinjani Warna Karya adalah  jasa kontraktor epoxy lantai yang tepat serta terpercaya.

Bila Anda tertarik dengan kontraktor epoxy lantai ini, dapat langsung menghubungi Rinjani Warna Karya. Perusahaan ini akan dengan senang hati menangani segala kebutuhan Anda.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp