Harga pengecatan epoxy pada jenis cat yang dipilih dapat menjadi lebih terjangkau, sampai pada tahap finishing. Karena itu, Anda harus segera menemukan solusi terbaik untuk membantu proses pengerjaan lantai konstruksi bangunan dengan kualitas dan fasilitas memadai.

Penyesuaian Harga Pengecatan Epoxy

Semakin luas permukaan lantai yang dicat, semakin rendah pula biaya atau harganya. Harga pengecatan epoxy yang ditentukan per meternya, sudah termasuk pada jasa dan material, sehingga paket yang dipilih akan semakin mempermudah Anda dalam mempertimbangkan biaya pengecatan epoxy.

Namun, ketebalan yang diukur dengan micron juga sangat menentukan harga pengecatan epoxy atau biaya akhir yang membuat Anda harus membayarnya. Ketebalan epoxy yang paling tinggi dan umumnya digunakan adalah 3000 mikron dengan harga yang juga semakin tinggi.

Untuk epoxy dengan ketebalan mencapai 1000 mikron, harganya memang cukup jauh berbeda dengan ketebalan 500 micron. Namun, ketebalan ini sangatlah diperlukan pada permukaan lantai di mana banyak orang berlalu lalang untuk melakukan aktivitasnya.

Kategori Lantai untuk Ketebalan Epoxy 1000 Micron

Anda sering melewati koridor yang hampir setiap menitnya juga dilalui oleh orang-orang berjalan? Koridor yang dimaksud biasanya ada pada stasiun dan halte bus, tempat orang-orang akan menaiki transportasi atau kendaraan. Lantai untuk koridor tersebut membutuhkan ketebalan high traffic, paling tidak 1000 micron.

Sayangnya, bukan hanya ketebalan traffic saja yang membantu daya tahan lantai untuk menjadi semakin kuat, tetapi ketebalan cat pelapis yang digunakan. Seberapa besar beban yang ditahan oleh cat dan apa saja benda-benda yang akan diletakkan pada permukaan lantai, haruslah menjadi pertimbangan untuk Anda yang akan menggunakan cat epoxy.

Selain halte dan stasiun, kolam renang memiliki kategori lantai yang harus dicat oleh epoxy dengan ketebalan 1000 micron. Itulah mengapa lantai kolam renang terlihat indah, bersih, dan rapi ketika orang-orang akan menggunakannya sebagai tempat bersantai atau melakukan aktivitas air.

Perbedaan Epoxy dan Resin

Tidak hanya ketebalannya saja yang akan menentukan kualitas permukaan lantai dan harga pengecatan epoxy, tetapi jenis cat yang dipilih juga akan membantu. Jenis dari epoxy lantai memang sangat beragam, tetapi perbedaan dari resin dan epoxy saja sudah cukup membuat banyak orang bingung.

Epoxy merupakan hasil perpaduan dari cat dan resin, sehingga resin menjadi komponen yang membentuk cat epoxy. Namun, tidak semua lantai dicat menggunakan epoxy dan resin menjadi penentu bagaimana kualitas permukaan lantai dapat terwujud.

Jasa pengecatan epoxy yang berpengalaman akan memilih resin yang sesuai dengan pengaplikasian cat lantai. Keunggulan dari resin yang dipilih harus dapat memenuhi proses pengerjaan dan pembentukan kualitas lantai yang memiliki daya tahan kuat.

Cat epoxy yang tidak dapat terwujud secara maksimal dapat disebabkan oleh proses pencampuran yang tidak tepat. Selain resin, ada komponen lainnya yang dapat digunakan untuk membentuk epoxy terbaik, seperti pigmen warna dan hardener dengan pilihan yang disesuaikan pada kebutuhan Anda.

Jika Anda menggunakan epoxy untuk kebutuhan lantai industri, jenis yang dapat dipilih adalah material FRP dengan sifat anti karatnya untuk lapisan permukaan tangki, bak, atau pipa. Selain itu, material tersebut akan memperkuat lapisan lantai pada objek tempat yang diterapkan.

Karakteristik pada material pelapis, seperti kedap air dan kedap senyawa kimia keras maupun ringan dapat diaplikasikan untuk melapisi objek tertentu. Karena itulah, pilih pelapis berkualitas dengan harga pengecatan epoxy yang dapat disesuaikan.

Mengatasi Fisheye Saat Proses Pengecatan

Proses pengaplikasian epoxy lantai yang cukup membutuhkan waktu akan menorehkan hasil luar biasa. Namun, karena mudah untuk seorang aplikator epoxy dalam melakukannya, beberapa kesalahan dapat terjadi saat proses pelapisan cat lantai.

Salah satu dari masalah yang dapat timbul adalah fish eye atau mata ikan. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti takaran cat epoxy yang terlalu minim dalam penggunaannya, sehingga penyebaran menjadi tidak merata dan tidak sempurna.

Anda bisa mengenali masalah ini dengan memperhatikan permukaan lantai, yang jika bentuk kawah dengan sebuah titik tengah terlihat, bentuknya pasti menyerupai mata ikan. Masalah fisheye perlu diperhatikan oleh aplikator jika Anda tidak ingin harga pengecatan epoxy yang sudah ditentukan di awal, dapat berpengaruh dan menjadi lebih tinggi.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan jenis epoxy self-leveling (SL) dengan risiko minim karena SL dapat meratakan permukaannya sendiri. Sebelum epoxy coating benar-benar mengering, Anda dapat segera mencegahnya dengan menambahkan cat epoxy pada permukaan timbulnya mata ikan.

Pada intinya, Anda harus selalu memperhatikan takaran epoxy yang digunakan, sesuai kebutuhan luasan area bangunan. Karena itu, dibutuhkan jasa pengecatan epoxy yang benar-benar memiliki pengalaman untuk mengatasi masalah tersebut.

Solusi yang dapat membantu Anda adalah Rinjani Warna Karya dengan proses pengerjaan cepat dan hasil tepat. Lantai dengan ketebalan 1000 micron sangat membutuhkan layanan dan harga pengecatan epoxy dari Rinjani Warna Karya, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk memajukan operasi konstruksi bangunan.

Konsultasi dan Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp