Epoxy lantai biasa diaplikasikan pada perkantoran hingga rumah, sehingga lantai terlihat mengkilap, namun terdapat kelebihan dan kekurangan lantai epoxy.

Interior rumah terlihat cantik ketika dilapisi cat epoxy, sebelum menggunakan epoxy, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai epoxy lantai.

Sekilas Mengenai Epoxy Lantai

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai epoxy, Anda perlu mengetahui tentang lantai epoxy. Jadi, lantai epoxy merupakan lantai atau pijakan yang dilapisi dengan material cat epoxy lantai dengan tujuan tertentu.

Epoxy adalah material pelapis lantai yang berasal dari campuran resin dan pengeras atau poliamina. Ketika kedua zat tersebut tercampur, maka menghasilkan reaksi kimia yang menjadikan bahan plastik yang kaku.

Campuran dari kedua zat itu, juga menciptakan material yang bersifat tahan lama serta kuat yang akan menjadi pelapis lantai.

Sebenarnya, teknik epoxy telah dikenal sejak lama, namun kebutuhannya baru dirasakan saat ini, seiring perkembangan teknologi.

Bahkan, epoxy telah menjadi standar keamanan sebuah gedung untuk beroperasi. Epoxy lantai biasa diaplikasikan pada pabrik, kantor, gudang, maupun bangunan bertingkat lainnya.

Saat ini epoxy lantai tersedia berbagai varian warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan, sudah ada epoxy tiga dimensi, selain menjadikan lantai lebih kuat, epoxy 3D membuat lantai terlihat lebih estetik.

Ketika ingin mengaplikasikan cat epoxy untuk lantai Anda, maka pilihlah jasa epoxy yang sudah berpengalaman. Karena hasil pengecatan epoxy juga ditentukan dari kualitas material yang digunakan serta keterampilan aplikator epoxy.

Untuk mengetahui track record penyedia jasa epoxy lantai, Anda bisa mengamati lewat website resminya. Cari tahu juga mengenai latar belakang, garansi, serta layanan yang disediakan.

Minimal pilih jasa epoxy lantai yang telah berpengalaman kurang lebih 10 tahun. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda berpeluang memperoleh jasa epoxy lantai berkualitas dengan hasil memuaskan.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp

Kelebihan Lantai Epoxy

Jasa Cat Epoxy

Terkait kelebihan dan kekurangan epoxy lantai, maka akan dibahas kelebihan lantai yang dilapisi cat epoxy terlebih dahulu, sebagai berikut.

1. Menjadikan Lantai Terlihat Unik

Epoxy menjadikan penampilan lantai terlihat fantastis, misalnya epoxy bening yang memiliki dasar lukisan lautan, sehingga terasa seperti di air. Tampilan ini bisa diperoleh dengan melapisi cat epoxy pada lantai, karena tampilan tersebut tidak bisa diperoleh hanya menggunakan keramik.

2. Harganya Terjangkau

Epoxy dibanderol dengan harga cukup murah daripada material lantai yang lain, biasanya epoxy harganya dihitung per meter. Namun, ketebalan lantai juga mempengaruhi harga, namun penggunaan epoxy standar jauh lebih murah.

3. Menjaga Bentuk Lantai

Keramik akan mengalami pemuaian beberapa tahun kemudian, tetapi lantai yang dilapisi epoxy bentuknya tetap sama dari tahun ke tahun. Karena epoxy dapat menahan tekanan dari benda-benda berat, sehingga banyak pabrik maupun gedung yang menggunakan epoxy lantai.

4. Lantai Lebih Awet

Keawetan lantai epoxy juga berkaitan dengan kelebihannya melawan bahan kimia, selain itu lantai epoxy tidak memerlukan perawatan khusus. Berbeda dengan jenis lantai lain yang sering mendapatkan maintenance untuk menjaga kekuatan dan tampilannya.

5. Menjamin Keamanan

Epoxy memiliki daya rekat yang kuat, sehingga mencegah terjadinya kebocoran pada lantai. Contohnya, lantai di pabrik tertimpa besi panas, maka epoxy mencegah besi masuk ke pori-pori lantai, yang menjadikannya sulit dibersihkan.

6. Kuat terhadap Bahan Kimia

Berkaitan kelebihan dan kekurangan lantai epoxy, bisa dikatakan lantai epoxy mampu menahan bahan kimia lebih baik dibandingkan keramik. Misalnya, ketika lantai epoxy terkena oli, maka Anda cukup membersihkannya dengan lap biasa.

Kekurangan Lantai Epoxy

Masih berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan lantai epoxy, materialnya juga memiliki kekurangan, sebagai berikut.

1. Sifatnya Permanen sehingga Sulit Dibongkar

Epoxy yang telah terpasang sempurna akan sangat sulit dibongkar, jika ingin dibongkar makan prosesnya memakan waktu lama. Ketika Anda berencana mengganti layout rumah atau merenovasinya, lebih baik pengaplikasian epoxy pada lantai dihindari terlebih dahulu.

Sebaiknya, epoxy diaplikasikan pada lantai, jika Anda telah yakin untuk tidak mengganti lantai dalam waktu lama.

2. Lantai Mudah Licin

Cat epoxy menjadikan lantai bertekstur halus dan rata, tetapi hal ini menjadi berbahaya, ketika lantai dalam kondisi basah. Lantai epoxy yang basah bisa lebih licin dibandingkan marmer atau keramik, jadi pasanglah tanda ketika lantai ini sedang dibersihkan.

Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena licin, khususnya ketika sedang membersihkan lantai di kantor.

3. Memerlukan Tenaga Khusus dalam Pengaplikasiannya

Proses pengerjaan epoxy terbilang rumit, karena itu Anda membutuhkan aplikator epoxy berpengalaman dengan peralatan khususnya. Dengan memakai jasa epoxy lantai maka hasil pengerjaannya terlihat lebih memuaskan.

4. Proses Pengaplikasiannya Cenderung Rumit

Pengaplikasian epoxy harus dilakukan secara hati-hati dan bertahap, tentu saja hal ini memakan waktu lama. Ketika epoxy belum kering namun ditemukan kecacatan, maka proses pengerjaannya harus diulang, jika tidak, kecacatannya bisa permanen.

Jasa Epoxy Lantai Terpercaya Rinjani Epoxy

Tadi sudah dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan lantai epoxy, saatnya Anda memilih jasa epoxy lantai terpercaya. Rinjani Epoxy telah berpengalaman kurang lebih selama 15 tahun dalam bidang flooring khususnya epoxy lantai.

Rinjani Epoxy juga telah dipercaya klien perorangan maupun sejumlah perusahaan besar, untuk menghandle proyek epoxy lantai. Selain itu, klien juga diberikan garansi selama satu tahun untuk menilai kualitas hasil pengerjaan epoxy.

Berkaitan kelebihan dan kekurangan lantai epoxy, Rinjani Epoxy menggunakan material berkualitas untuk pengerjaan epoxy lantai, sehingga hasilnya bagus. Dengan memprioritaskan kepuasan pelanggan, dapatkan penawaran menarik dengan harga terjangkau dari Rinjani Epoxy.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis epoxy lantai Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp