Saat sedang berolahraga baik indoor ataupun outdoor seperti tenis, basket, badminton, dan futsal tentu Anda juga pernah mengamati bagian lantai yang terlihat berbeda dari tempat lainnya. Jadi sebenarnya ada lapisan epoxy lantai lapangan olahraga.

Mengapa Permukaan Lapangan Olahraga Perlu Dilapisi Epoxy?

Lapangan olahraga adalah suatu bentuk ruang terbuka non hijau yang memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk melangsungkan aktivitas seperti basket, badminton ataupun tenis. Dengan melihat jenis kegiatan maka beban yang ditanggung oleh permukaannyapun berbeda.

Oleh karena itu perlu adanya lapisan lantai yang dapat menahan beban di atasnya serta memiliki daya tahan kuat. Salah satu cara tepat yaitu melapisi permukaan lapangan olahraga dengan menggunakan jasa epoxy lantai untuk lapangan olahraga.

Epoxy lantai ini memiliki kegunaan yang sangat banyak, salah satunya yaitu dapat membuat permukaan menjadi lebih kedap minyak dan air. Selain itu, juga mempunyai ketahanan lebih baik terhadap bahan-bahan kimia. Jenisnya pun sangat beragam.

Jenis Epoxy Lantai Untuk Lapangan Olahraga Berdasarkan Bahan Bakunya

Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk lapangan olahraga, baik itu indoor ataupun outdoor. Berikut ulasannya:

1. Epoxy Solid Content

Epoxy solid content ini merupakan jenis cat pelapis lantai yang memiliki tingkat kualitas dan pengaplikasiannya cukup sulit.Karena mengandung 100% solid solfent dengan bahan dasar padat sehingga membutuhkan trik khusus dalam prosesnya.

Epoxy jenis ini memliki hasil yang sangat bagus untuk lapangan olahraga, daya tahan kuat dan bahkan bisa tahan terhadap bahan kimia serta api. Selain itu, juga banyak digunakan untuk tempat-tempat tertentu seperti pusat perbelanjaan atau mall, laboratorium, juga lapangan olahraga.

2. Epoxy Thinner Based

Jika ingin melapisi ruangan seperti lapangan olahragaindoor, maka jenis epoxy thinner based sangat cocok digunakan. Selain itu cat pelapis yang satu ini mudah ditemukan di berbagai pusat kebugaran sekitar tempat tinggal Anda.

Epoxy thinner based menggunakan bahan pelarut tinner atau solvent yang membuat proses pengaplikasiannya sedikit membutuhkan usaha dan menyita waktu. Ini akibat dari tingkat kekentalannya lebih tinggi,akan tetapi tetap bagus serta tahan lama.

3. Epoxy Water Based

Epoxy water based ini menggunakan air sebagai bahan pelarutnya sehingga memiliki tingkat kekentalan jauh dibawah jenis cat lainnya. Dengan proses pengaplikasian mudah serta harga terjangkau banyak dari para kontraktor atau tukang bangunan gedung olahragayang menggunakannya.

Namun, Epoxy jenis ini kurang cocok jika digunakan pada lapangan olahragaindoor, sehingga lebih disarankan untuk dipakai di luar ruangan yang tidak begitu sering terkena tekanan. Cat pelapis inipun tidak bisa menjadikan permukaan menjadi sangat halus, kuat, dan mengkilap.

Jenis Epoxy Lantai Lapangan Olahraga Berdasarkan Tingkat Keamanannya

untuk memaksimalkan keamanan saat penggunaan epoxy, ketahuilah beberapa jenis di bawah ini dengan seksama:

1. Epoxy Floor Coating

Jenis epoxy floor coating bisa disebut juga epoxy static.Merupakan cat pelapis yang mempunyai tingkat kekuatan paling baik dan mampu mencegah hantaran aliran listrik serta dapat menahan penyebaran api saat terjadi kebakaran.

Epoxy floor coating ini biasanya banyak digunakan untuk pelapisan pada lantai lapangan olahraga, karena memiliki ketebalan yang cukup untuk menahan benturan dan bahan kimia. Jenis ini juga mempunyai standar keamanan tinggi sehingga cocok jika digunakan dalam industri.

2. Epoxy Primer

Epoxy primer banyak digunakan untuk mengecat besi dan keramik. Tidak hanya itu biasanya jenis ini bisa digunakan pada proses pengecatan perabotan berbahan kayu dan juga sebagai pelapis anti bocor yang baik.

Cat jenis ini banyak dipakai oleh penyedia jasa saat proses hardening dan finishing, karena terdiri dari dua lapisan yaitu epoxy clear dan hardener. Jika digunakan untuk keramik akan menimbulkan kesan mengkilap serta menghilangkan sambungan natt pada lantai.

3. Epoxy Mortar

Epoxy mortar memiliki ketabalan hingga kurang lebih 5000 micron membuatnya menjadi tahan terhadap air atau waterproof. Biasanya digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada sebagian kecil dari beton.

Cat epoxy yang satu ini selain bisa memperkokoh lapisan beton juga dapat memastikannya agar merekat dengan sempurna. Fungsi utamanya yaitu sebagai penambal pada bagian lantailapangan olahraga yang mengalami kerusakan atau percikan bahan kimia.

Jenis Epoxy Berdasarkan Motifnya

Pada umumnya jenis epoxy yang digunakan untuk area outdoor memiliki lapisan motif berwarna-warni dan lapisan tebal, karena sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai pelapis dan pemberi garis batas pada area tertentu.

Proses pengaplikasiannya dilakukan secara bersamaan dengan pross hardening pada lantai, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat finishing. Selain lapangan olahraga, Epoxy lantai jenis ini banyak digunakan untuk area parkir dan gudang.

Perlu diperhatikan, biasanya menggunakan cat epoxy primer yang memiliki teknik pengecatan lebih mudah serta tidak memakan waktu lama. Pada proses pengaplikasiaanya akan langsung dicampurkan pada saat finishing lantai dilakukan.

Jadi itu tadi beberapa uraian tentang jenis-jenis epoxy lantai.Tidak hanya dipakai untuk bangunan tertentu, rumah Anda pun juga bisa menggunakan cat yang satu ini karena akan lebih menambah kesan estetik. Sekian untuk artikel epoxy lantai untuk lapangan olahraga, semoga bermanfaat.

Konsultasi & Survey Gratis
Ingin di Survey Gratis Oleh Spesialis Epoxy Kami? Hubungi Kami di Telp / Whatsapp